Menurut
Undang-undang No. 25 tahun 1992 Pasal 4 dijelaskan bahwa koperasi memiliki
fungsi dan peranan antara lain yaitu mengembangkan potensi dan kemampuan
ekonomi anggota dan masyarakat, berupaya mempertinggi kualitas kehidupan
manusia, memperkokoh perekonomian rakyat, mengembangkan perekonomian nasional,
serta mengembangkan kreativitas dan jiwa berorganisasi bagi pelajar bangsa.
Peran
koperasi dalam memajukan perekonomian masyarakat dari dulu hingga saat
ini sangat lah banyak. Karena masyarakat dapat meminjam atau berdagang
pada koperasi tersebut. Bukan hanya itu saja peranan yang dilakukan
koperasi juga dapat membantu Negara untuk menggembangkan usaha kecil yang ada
dalam masyarakat.
Peranan
koperasi dalam perekonomian Indonesia adalah :
1.
Alat pendemokrasi ekonomi.
2.
Alat perjuangan ekonomi untuk
mempertinggi kesejahteraan rakyat.
3.
Membantu pemerintah dalam
mengelola cabang-cabang produksi yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak.
4.
Sebagai soko guru perekonomian
nasional Indonesia (tiang utama pembangunan ekonomi nasional).
5.
Membantu pemerintah dalam
meletakkan fondasi perekonomian nasional yang kuat dengan menjalankan
prinsip-prinsip koperasi Indonesia.
Peran
Koperasi diberbagai Keadaan Persaingan
1.
Pasar Persaingan Sempurna
Ciri-ciri
pasar persaingan sempurna :
·
Adanya penjual dan pembeli yang
sangat banyak
·
Produk yang dijual perusahaan
adalah sejenis (homogen)
·
Perusahaan bebas untuk mesuk dan
keluar
·
Para pembeli dan penjual memiliki
informasi yang sempurna
2.
Pasar Monopolistik, ciri-ciri:
§
Banyak penjual atau pengusaha dari
suatu produk yang beragam
§
Produk yang dihasilkan tidak homogeny
§
Ada produk substitusinya
§
Keluar atau masuk ke industri
relatif mudah
§
Berbeda-beda sesuai dengan
keinginan penjualnya
3.
Pasar Monopsoni, ciri-ciri:
ΓΌ
Disini ada penjual banyak tetapi
hanya ada satu Pembeli.
4.
Pasar Oligopoli
Oligopoli
adalah struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan (penjual) yang
menguasai pasar. Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu
strategi harga dan nonharga.
Untuk
menghindari perang harga, perusahaan akan mengadakan product defferentiation
dan memperluas pasar dengan cara melakukan kegiatan advertensi, membedakan mutu
dan bentuk produk, penawaran harga yang bersifat Predator, dan price leadership
Sejauh mana koperasi berperan aktif di pasar persaingan sempurna, monopolistik, dan oligopoli?
Opini:
Sejauh ini, koperasi
Sumber
:
http://rachmadhidayatullah02.blogspot.com/2013/01/peranan-koperasi.html
0 komentar:
Post a Comment