SUMBER DAYA KONSUMEN DAN PENGETAHUAN
Sumber Daya Konsumen
Sumber daya konsumen adalah segala
sumber daya yang mempengaruhi konsumen untuk membeli barang atau jasa. Sumber daya
konsumen ada 3 macam, yaitu:
1. Sumber
Daya Ekonomi adalah segala sumber daya yang dimiliki berupa barang atau
jasa untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik itu yang berasal dari sumber
daya alam (SDA) maupun dari sumber daya manusia (SDM) yang dapat memberikan
manfaat atau keuntungan (benefit), serta dapat diolah sebagai modal dasar dalam
pembangunan ekonomi. Sumber daya ekonomi merupakan salah satu bentuk dari
sumber daya konsumen. Sumber daya Ekonomi terdiri dari:
a. Sumber
Daya Alam (SDA)
Semua
sumber / kekayaan yang berasal dari alam (Tanah, air, angin, cahaya matahari,
mineral, dsb). Contoh: Sumber daya tanah dapat dimanfaatkan sebagai lahan
perkebunan, lalu hasil perkebunan tersebut dijual sehingga menghasilkan
keuntungan.
b. Sumber
Daya Manusia (SDM)
Semua
kegiatan manusia baik jasmani (fisik) maupun rohani yang bertujuan untuk
kegiatan produksi. Contoh: Petani, nelayan, buruh, karyawan, pegawai, dll.
c. Sumber
Daya Kewirausahaan
Suatu
sikap, perilaku, semangat seseorang dalam menangani sebuah usaha atau kegiatan
ekonomi, sehingga dapat menghasilkan keuntungan. Contoh: Pengusaha kain,
pengusaha tahu & tempe, pengusaha peternakan, dll.
d. Sumber
Daya Modal
Sumber
daya yang dibuat oleh manusia baik berupa uang maupun barang yang dapat
digunakan dalam membantu proses kegiatan produksi. Contoh: Uang, bahan baku,
bahan bakar, mesin, bangunan / gedung untuk tempat produksi, dll. Sumber
daya ekonomi mempengaruhi sumber daya konsumen, atau biasa dikenal dengan
potensi ekonomi. Keadaan ekonomi konsumen sangat mempengaruhi konsumen tersebut
dalam mengambil sebuah keputusan. Keputusan konsumen sehubungan dengan produk
sangat dipengaruhi oleh jumlah sumber daya ekonomi yang dimiliki pada saat ini
maupun pada masa yang akan datang. Berikut ini adalah pembagian sumber daya
ekonomi (pendapatan) konsumen, yaitu:
- Sumber
daya ekonomi individu.
-
Sumber daya ekonomi keluarga
- Sumber
daya ekonomi rumah tangga
Selain pendapatan, sumber daya ekonomi
lainnya yaitu kekayaan (asset / nilai bersih) dan kredit. Kekayaan seseorang
berkorelasi dengan pendapatan orang tersebut.
2. Sumber
Daya Sementara
Sumber daya sementara adalah sumber
daya yang bisa menghemat waktu, keinginan manusia ingin membeli barang dan jasa
yang tujuananya menghemat waktu yang ada. Waktu menjadi variabel yang semakin
penting dalam memahami perilaku konsumen. Karena konsumen mayoritas semakin
mengalami kemiskinan akan waktu. Namun demikian ada suatu bagian waktu yang
dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu senggang. Sumber daya
kognitif Produk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut
barang waktu (time goods).
- Barang yang menggunakan waktu seperti
menonton tv, tidur, bermain, dll.
-
Barang penghemat waktu seperti rice cooker, oven microwave, mesin cuci,
blender, dll.
3. Sumber
Daya Kognitif
Sumber
daya kognitif adalah sumber daya perencanaan dan pengambilan keputusan seorang
konsumen
ter hadap
apa yang ingin di belinya.
Pengetahuan
Pengetahuan Konsumen adalah semua
informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta
pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan
fungsinya sebagai konsumen. Dalam hal ini pengetahuan konsumen amat diperlukan.
Karena, hal ini dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan
pembelian. Apa yang dibeli, berapa banyak yang dibeli, dimana membeli dan kapan
membeli akan tergantung kepada pengetahuan.
Pengetahuan Konsumen terbagi kedalam
tiga macam, yaitu:
1. Pengetahuan
Produk adalah kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk.
Pengetahuan ini meliputi kategori produk, merek terminologi produk atribut atau
fitur, harga produk dan kepercayaan mengenai produk. Jenis Pengetahuan
Produk:
- Pengetahuan tentang
karakteristik/atribut produk
Seorang Konsumen akan melihat suatu
produk berdasarkan kepada karakteristik atau ciri atau atribut dari produk
tersebut. Setiap konsumen mungkin memiliki kemampuan yang berbeda dalam
menyebutkan karakteristik atau atribut dari suatu produk. Hal ini
disebabkan perbedaan pengetahuan yang dimilikinya. Pengetahuan mengenai atribut
tersebut akan mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen. Pengetahuan yang
lebih banyak akan memudahkan konsumen dalam memilih produk yang akan dibelinya.
- Pengetahuan Manfaat Produk
Seorang Konsumen mengkonsumsi gula
rendah kalori karena mengetahui manfaat produk tersebut bagi kesehatan
tubuhnya. Manfaat yang dirasakan konsumen. Setelah mengkonsumsi gula rendah
kalori yaitu dapat menghindari penyakit diabetes. Inilah yang disebut sebagai
pengetahuan tentang manfaat produk.
2. Pengetahuan
Pembelian terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam
toko dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut.
Pengetahuan Konsumen cenderung lebih
senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah
mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut. Hal ini akan memudahkan
konsumen untuk berbelanja atau melakukan pembelian. Hal ini akan memudahkan
konsumen untuk berbelanja karena konsumen bisa menghemat waktu dalam mencari
lokasi produk. Menurut Petter dan Olson (1999), perilaku
membeli meliputi:
a. Store
contact meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
b. Product
contact, konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tsb dan
membawanya ke kasir
c. Transaction,
konsumen akan membayar produk tersebut dengan tunai, kartu kredit, kartu
debet atau alat pembayaran lainnya.
3. Pengetahuan
Pemakaian yaitu suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika
produk tersebut telah digunakan/ dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa
memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yg tinggi, maka konsumen harus
bisa menggunakan/ mengkonsumsi produk tersebut dengan benar. Produsen
berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui
cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk adalah penting
bagi konsumen.
Sumber Daya Konsumen Ekonomi
Uang adalah alat transaksi yang sangat
diperlukan oleh konsumen untuk membeli produk. Keputusan Konsumen sehubungan
dengan produk dan merek sangat dipengaruhi oleh jumlah sumber daya
ekonomi misalnya uang. Tanpa uang konsumen tidak bisa membeli apapun.
Pembelian sangat dipengaruhi oleh pendapatan konsumen sama halnya dengan,
harapan konsumen mengenai pendapatan masa datang menjadi variabel penting dalam
meramalkan perilaku konsumen.
Potensi sumberdaya ekonomi atau lebih
dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya dapat diartikan sebagai sesuatu
atau segala sesuatu sumberdaya yang dimiliki baik yang tergolong pada
sumberdaya alam (natural resources/endowment factors) maupun potensi sumberdaya
manusia yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai
modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayah tingkat ketergantungan terhadap
sumberdaya secara structural harus bisa dialihkan pada sumberdaya alam lain.
Misalnya, penggunaan energy sinar matahari, panas bumi, atau gelombang laut
termasuk angin, akan dapat mengurangi ketergantungan manusia terhadap
sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui.
I.
Sumber Daya Sementara
-
Barang yang Menggunakan Waktu
- Produk
yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya. Contoh: menonton TV,
memancing, golf, tennis (waktu Senggang) tidur, perawatan pribadi, pulang pergi
(waktu wajib)
-
Barang Penghemat Waktu.
Produk
yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka.
Contoh: oven microwave, pemotong rumput, fast food.
II. Sumber
Daya Kognitif
Sumber daya kognitif adalah kemampuan
untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis
dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas
munculnya dan diperolehnya skema tentang bagaimana seseorang mempersepsikan
lingkungannya dalam tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh
cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental. Teori ini
digolongkan ke dalam konstruktivisme.
Sumberdaya Kognitif menggambarkan
kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan berbagai kegiatan pengolahan
informasi Alokasi Kapasitas Kognitif dikenal sebagai perhatian (attention).
Perhatian terdiri dari dua dimensi:
1. Arahan
(direction) menggambarkan fokus perhatian
2. Intensitas
mengacu pada jumlah kapasitas yang difokuskan pada arahan tertentu. Karena
kapasitas tersebut terbatas, orang harus selektif dalam apa yang mereka
perhatikan dan berapa banyak perhatian dialokasikan selama pengolahan
informasi.
Kandungan Pengetahuan
Kajian Myke mendefinisikan kandungan
pengetahuan sebagai “jumlah keupayaan sumber tenaga manusia, asset dan
pengamalan kepimpinan, modal teknologi dan maklumat, hubungan kerjasama, harga
intelek, stok maklumat serta kebolehan untuk berkongsi pembelajaran dan
penggunaan, yang boleh digunakan untuk menjaga kekayaan dan meningkatkan daya
saing ekonomi.
Organisasi Pengetahuan
Pengetahuan Konsumen akan mempengaruhi
Keputusan Pembelian. Apa yang dibeli,berapa banyak yang dibeli, dimana membeli
dan kapan membeli akan tergantung kepada pengetahuan konsumen mengenai hal-hal
tersebut. Pengetahuan Konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen
mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi
yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
1. Pengetahuan
tentang karakteristik /atribut produk
2. Pengetahuan
tentang manfaat produk
3.
Pengetahuan tentang kepuasan yang
diberikan produk kepada konsumen
- Manfaat fungsional yaitu manfaat yang
diraksan konosumen secara fisiologis
- Manfaat psikososial,
yaitu aspek psikologis dan aspek sosial yang dirasakan
konsumen setelah mengkonsumsi suatu produk
Mengukur Pengetahuan
Cara yang paling nyata dalam mengukur
kemampuan pengetahuan adalah menilai secara langsung isi ingatan. Beberapa
indikator pengukur pengetahuan antara lain:
1. Pengetahuan
Objektif (Objective Knowledge)
Pengukuran
yang menyadap apa yang benar-benar sudah disimpan oleh konsumen di dalam
ingatan
2. Pengetahuan
Subjektif (Subjective Knowledge)
Dipengaruhi
oleh kepercayaan diri seseorang yaitu bahwa orang yang percaya diri mungkin
melaporkan secara berlebihan tingkat pengetahuan mereka (Engel, Blackwell &
Miniard, 1994, p.331-332)
DAFTAR PUSTAKA
agungsadar.blogspot.com/.../sumber-daya-kunsumen-pengetahuan.html
bardiiswanto.blogspot.com/.../sumber-daya-konsumen-dan-pengetahuan....
https://www.wattpad.com/4248708-pengertian-perilaku-konsumen-sumber-daya-konsumen
https://id.scribd.com/doc/242723125/Bab-5-Sumberdaya-Konsumen-Dan-Pengetahuan
0 komentar:
Post a Comment