™™

Thursday, October 16, 2014

0 PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN OLEH KONSUMEN

RUANG LINGKUP KEPUTUSAN KONSUMEN

            Keputusan pembelian oleh konsumen akan mencakup pertimbangan-pertimbangan berbagai aspek. Salah satunya tentang  konsentrasi konsentrasi pemasaran lebih diarahkan pada keputusan mengenai  produk alternative yang ada di pasar. Walaupun demikian, keputusan pembelian bukan hanya ditentukan tentang merk tertentu saja. Selain itu, konsumen mengambil keputusan pembelian atas sumber informasi yang mereka terima yang dijadikan dasar pembelian. Beberapa sumber informasi yang dapat mereka pergunakan diantaranya:
     1.     Televisi
     2.     Majalah
     3.     Koran
     4.     Keluarga
     5.     Teman
     6.     Dealer

Bagi manajer, pemahaman tentang sumber informasi saja belum terasa cukup, banyak hal yang perlu diketahui oleh manajer, diantaranya terletak pada implikasi strategi pemasaran yang akan dipergunakan oleh perusahaannya, yaitu:

      1.     Keputusan tentang kategori produk:
- memberi kerangka yang luas dalam memahami lingkup ppersaingan produk
- pengamatan terhadap trend permintaan industry memungkinkan perusahaan mengidentifikasi dampaknya terhadap produk perusahaan
      2.     Keputusan tentang merk produk:
- Memberikan dasar bagi para manajemen dalam membandingkan kelemahan dan kekuatan produk dari perusahaan maupun dari pesaing
- Memberikan pemikiran meluncurkan produk terbaru untuk melayani kebutuhan yang belum terpenuhi
     3.     Keputusan tentang sumber informasi
- Memberikan dasar bagi para manajemen tentang bentuk informasi yang doperlukan untuk mempengaruhi konsumen dalam pembelian produk
- Sebagai pegangan dasar bagi manajemen dalam mengarahkan isi pesan pada target pasar  yang dilayani


Tahapan Pengambilan Keputusan Pembelian

1. Menurut Engel et al. (1994:31-32) dan Lamb et al. (2001:188), ada berbagai tahapan yaitu:
      a)     pengenalan kebutuhan
      b)    pencarian informasi
      c)     evaluasi alternative
      d)    keputusan pembelian
      e)     perilaku pascapembelian.

2. Secara umum:

            1.     Pengenalan masalah (problem recognition).
Konsumen akan membeli suatu produk sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapinya. Tanpa adanya pengenalan masalah yang muncul, konsumen tidak dapat menentukan produk yang akan dibeli.
            2.     Pencarian informasi (information source).
Setelah memahami masalah yang ada, konsumen akan termotivasi untuk mencari informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada melalui pencarian informasi. Proses pencarian informasi dapat berasal dari dalam memori (internal) dan berdasarkan pengalaman orang lain (eksternal).
           3.     Mengevaluasi alternatif (alternative evaluation).
Setelah konsumen mendapat berbagai macam informasi, konsumen akan mengevaluasi alternatif yang ada untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya.
           4.     Keputusan pembelian (purchase decision).
Setelah konsumen mengevaluasi beberapa alternatif strategis yang ada, konsumen akan membuat keputusan pembelian.Terkadang waktu yang dibutuhkan antara membuat keputusan pembelian dengan menciptakan pembelian yang aktual tidak sama dikarenakan adanya hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.
          5.     Evaluasi pasca-pembelian (post-purchase evaluation)
Merupakan proses evaluasi yang dilakukan konsumen tidak hanya berakhir pada tahap pembuatan keputusan pembelian. Setelah membeli produk tersebut, konsumen akan melakukan evaluasi apakah produk tersebut sesuai dengan harapannya. Dalam hal ini, terjadi kepuasan dan ketidakpuasan konsumen. Konsumen akan puas jika produk tersebut sesuai dengan harapannya dan selanjutnya akan meningkatkan permintaan akan merek produk tersebut pada masa depan. Sebaliknya, konsumen akan merasa tidak puas jika produk tersebut tidak sesuai dengan harapannya dan hal ini akan menurunkan permintaan konsumen pada masa depan.

REFERENSI


0 komentar: