Segmentasi Pasar
Pengertian
Segmentasi pasar merupakan
pengelompokkan pasar menjadi kelompok-kelompok konsumen yang homogen dan tiap
kelompok atau bagian dapat dipilih sebagai pasar yang ditargetkan untuk
pemasaran suatu produk.
Menurut beberapa ahli:
1.
Pride
& Ferrel (1995)
Mengatakan
bahwa segmentasi pasar adalah suatu proses membagi pasar ke dalam segmen‐segmen pelanggan potensial dengan
kesamaan karakteristik yang menunjukkan adanya kesamaan perilaku pembeli dan
sebagai suatu proses pembagian pasar keseluruhan menjadi kelompok‐kelompok pasar yang terdiri dari orang‐orang yang secara relatif memiliki
kebutuhan produk yang serupa
2.
Kotler, Bowen dan Makens (2002, p.254)
Pasar
terdiri dari pembeli dan pembeli berbeda-beda dalam berbagai hal yang bisa
membeli dalam keinginan, sumber daya, lokasi, sikap membeli, dan kebiasaan
membeli. Karena masing-masing memiliki kebutuhan dan keinginan yang unik,
masing-masing pembeli merupakan pasar potensial tersendiri. Oleh sebab itu
penjual idealnya mendisain program pemasarannya tersendiri bagi masing-masing
pembeli.
Segmentasi
yang lengkap membutuhkan biaya yang tinggi, dan kebanyakan pelanggan tidak
dapat membeli produk yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu,
perusahaan mencari kelas-kelas pembeli yang lebih besar dengan kebutuhan produk
atau tanggapan membeli yang berbeda-beda. Segmen pasar terdiri dari kelompok
pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama.
Isi
Karena dalam segmentasi pasar
itu sangat luas, kegiatan dalam segmentasi pasar dilakukan dengan tujuan
sebagai berikut:
1.
Pasar
lebih mudah dibedakan
2.
Pelayanan
kepada pembeli menjadi lebih baik
3.
Produk
lebih responsive terhadap kebutuhan pasar
4.
Dapat
lebih mudah dalam menganalisa pasar
5.
Dapat
menemukan peluang setelah menganalisa pasar
6.
Mengetahui
pergeseran-pergeseran yang terjadi didalam segmennya
7.
Dapat
menenentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien
Pendekatan-Pendekatan
Segmentasi
1.
Pendekatan
Karakteristik Konsumen
Pendekatan-pendekatan
segmentasi ada beberapa macam diantaranya adalah geografi, demografi,
psikografi, dan behavioral. Masing-masing pendekatan ini memiliki ciri-ciri
yang berbeda. Yang akan dipaparkan sebagai berikut dibawah ini :
a. Segmentasi Geografi
Pada
segmentasi geografi pengelompokan dilakukan berdasarkan faktor geografinya,
seperti berdasarkan negara, wilayah,kota,desa.
b. Segmentasi Demografi
Pada
segmentasi demografi mengelompokkan dilakukan berdasarkan variable usia,jenis
kelamin, dan pekerjaan
c. Segmentasi Psikografi
Pada
segmentasi psikografi konsumen dapat dibagi menurut demografi tetapi seringkali
ini tidaklah cukup. Perusahaan ingin tahu lebih jauh apa sebenarnya yang
membuat orang-orang yang memiliki usia. Penghasilan, pendapatan dan pendidikan
yang sama berbeda dalam hal merespon terhadap produk. Dalam segmentasi
psikografis, perilaku konsumen diobservasi melalui gaya hidup,nilai-nilai
kehidupan yang dianut , kepribadian individu tersebut baik dari segi persepsi,
motivasi maupun sikap
d. Segmentasi
Behavioral(kebiasaan)
Pada
segmentasi kebiasaan yaitu dilihat dari pada pengetahuan,sikap,reaksi mereka
terhadap suatu produk. Seperti kebiasaan membeli,mengkonsumsi,dsb
2.
Berdasarkan
Respon konsumen
Segmentasi
manfaat yaitu pengelompokan yang didasarkan kepada manfaat yang diharapkan dari
suatu produk atau jasa, use occasion(saaat pemakaian) dan Brand atau merek.
Dengan ini konsumen akan dikelompokkan berdasarkan respon mereka terhadap
produk atau jasa,seperti ada konsumen yang mementingkan kualitas maupun ada
juga konsumen yang mementingkan harga yang murah ketimbang kualitas.
Segmentasi dan
kepuasan
Menurut Philip Kotler (1997:36)
Kepuasan
konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari
perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk dengan
harapannya.
Macam-macam
atau Jenis kepuasan konsumen
Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2:
a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang
diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat
perut kita menjadi kenyang.
b.
Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang
bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan
yang
sangat istimewa dari sebuah rumah makan yang mewah .
Pengelompokan
inilah yang sering kita dengar sebagai segmentasi pelanggan. Segmentasi ini
mutlak dilakukan secara bervariasi. Dapat di bagi beberapa segmen berdasarkan:
§ Letak geografis
§
Volume
pembelian demografis
§
Produk
yang dibeli
§ Sesuai dengan kebutuhan Anda
Umumnya,
tiap segmen adalah unik dan juga memberi kontribusi yang berbeda terhadap
organisasi.
Segmentasi dan profitabilitas
Profitabilitas
adalah kemampuan perseroan untuk menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong
pertumbuhan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas
perseroan biasanya dilihat dari laporan laba rugi perseroan (income statement)
yang menunjukkan laporan hasil kinerja perseroan.
i.
Tingkatkan
Efisiensi Proses Produksi
Proses produksi yang efisien
akan menghasilkan penghematan. Semakin berhemat, semakin rendah pula biaya
produksi. Dengan semakin rendahnya biaya produksi, maka margin keuntungan juga
samakin tinggi. Terapkan prinsip-prinsip “Total Quality Management” sistem
produksi Anda untuk memangkas biaya-biaya yang tidak perlu.
ii.
Fokus
Pada “Core Business” Terpenting Anda
Apakah Anda sudah mengetahui
apa sebenarnya Core Business di mana Anda harus menfokuskan waktu, energi dan
pikiran? Jika Anda melenceng pada hal-hal yang tidak penting, maka yang sedah
Anda lakukan adalah pemborosan sumberdaya yang sangat berharga, yaitu waktu
Anda.
iii.
Berdayakan
Orang-orang Yang Berdedikasi Melalui Kepemimpinan
Manusia adalah sumberdaya
terpenting dalam organisasi Anda. Semakin tinggi tingkat penghargaan Anda pada
aspek manusia, semaking tinggi pula tingkat kemampuan untuk menciptakan
keberhasilan organisasi. Dengan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan
organisasi yang efektif, Anda akan mampu membawa organisasi Anda ke level yang
lebih tinggi dan dengan tingkat profitabilitas yang tinggi pula.
iv.
Pertajam
Kecerdasan Organisasi
Apakah organisasi Anda
merupakan organisasi yang cerdas? Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi
pula kemampuan organisasi Anda dalam menavigasikan diri ke arah masa depan yang
lebih baik. Seberapa sering Anda memberikan pelatihan-pelatihan berkualitas
bagi para karyawan untuk mempertajam kemampuan mereka dalam mengelola
organisasi secara lebih profesional. Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi
tingkat profitabilitas perusahaan Anda.
v.
Kompensasi
Yang Sesuai
Manusia ingin dihargai, jika Anda
membayar lebih rendah dibandingkan kemampuan dan usaha yang sudah mereka
berikan bagi organisasi Anda, mereka akan merasa dirugikan. Jika mereka merasa
dirugikan, maka sebaiknya Anda jangan berharap mereka akan memberikan yang
terbaik bagi organisasi Anda. Jika kita melihat negara-negara yang sistem
ekonominya telah maju, kita melihat bahwa sistem kompensasi yang diterapkan
merefleksikan kinerja.
Penggunaan segmentasi dalam
strategi pemasaran
Agar segmen pasar dapat
bermanfaat maka harus memenuhi beberapa karakteristik:
ü Measurable: Ukuran, daya beli,
dan profil segmen harus dapat diukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit
diukur.
ü Accessible: Segmen pasar harus
dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
ü Substantial: Segmen pasar harus
cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani
ü Differentiable: Segmen-segmen
dapat dipisahkan secara konseptual dan memberikan tanggapan yang berbeda
terhadap elemen-elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
ü Actionable: Program yang
efektif dapat dibuat untuk menarik dan melayani segmen-segmen yang
bersangkutan.
Langkah
dalam mengembangkan segmentasi yaitu:
§
Mensegmen
pasar menggunakan variabel-variabel permintaan, seperti kebutuhan konsumen,
manfaat yang dicari, dan situasi pemakaian.
§ Mendeskripsikan segmen pasar
yang diidentifikasikan dengan menggunakan variabel-variabel yang dapat membantu
perusahaan memahami cara melayani kebutuhan konsumen tersebut dan cara
berkomunikasi dengan konsumen.
ANALISI DEMOGRAFI
Analisis
Demografi adalah analisis penduduk dari rahim hingga liang kubur (from the womb
to the tomb) karena meliputi analisis penduduk pada seluruh siklus
kehidupanmanusia sejak dari kandungan sampai meninggal.
Demografi,
ini merujuk data statistik penduduk, termasuk pendapatan, rata-rata umur, dan
pendidikan. Kalau menurut Hermawan, demografi ini termasuk dalam Static
Attribute Segmentation, atau cara memandang pasar berdasarkan geografis dan
demografi. Geografis berarti kita melihat pasar berdasarkan wilayah
(negara,kawasan, propinsi, kota). Sedangkan demografi berati kita melihat
pasarberdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama dan pendidikan.
Ilmu
demografi menurut Adolphe Landy terbagi menjadi dua:
1. Demografi
formal yang menghasilkan teknik-teknik untuk menghitung indikator-indikator
kependudukan yang mempelajari studi atau analisis kependudukan yang lebih luas.
2. Studi
mengenai hubungan antara faktor-faktor perubahan penduduk dan faktor-faktor
pembangunan, mempelajari tentang studi yang berusaha memberi penjelasan tentang
sebab akibat perubahan variabel demografi.
Manfaat
Analisis Demografi
v
Mempelajari
kuantitas dan distribusi penduduk dalamsuatu daerah tertentu.
v
Menjelaskan
pertumbuhan penduduk pada masa lampau, kecenderungannya, dan persebarannya
dengan sebaik-baiknya dan dengan data yang tersedia.
v
Mengembangkan
hubungan sebab akibat antara perkembangan penduduk dengan bermacam-macam aspek
organisasi sosial, ekonomi, budaya, lingkungandan lain-lain.
v Memperkirakan pertumbuhan
penduduk (proyeksi penduduk) pada masa yang akan datang dan
kemungkinan-kemungkinan konsekuensinya.
REFERENSI
0 komentar:
Post a Comment