™™

Friday, November 23, 2012

0 MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP



Manusia adalah makhluk Tuhan yang diberikan akal dan pikiran, serta hati.secara psikologi karakter manusia terbentuk dari tiga unsur, yaitu pikiran, hati nurani, dan hawa nafsu.ketiganya ini harus barjalan dengan seimbang dan saling mengendalikan satu sama lain untuk menjadikan karakter yang baik pada manusia tersebut.
        Pandangan hidup adalah sikap manusia yang paling mendasar dalam menyikapi setiap hal yang terjadi dalam hidupnya, baik itu berupa masalah, tugas, tantangan dan segala yang dilakukannya manusia pasti mempunyai pandangannya masing – masing.
               Pandangan hidup dibagi menjadi 3 yaitu:
1.     Pandangan hidup yang berasal dari agama,
2.     Pandangan hidup yang berupa ideologi, dan
3.     Pandangan hidup hasil renungan.
          Pandangan hidup terdiri dari 4 unsur antara lain :

1.        Cita – Cita yang diinginkan dapat diraih dengan usaha dan perjuangan,
2.        Berbuat baik dalam segala hal dapat membuat seseorang merasa bahagia, damai, dan tentram,
3.        Usaha atau perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi oleh keyakinan
4.         Keyakinan dan kepercayaan adalah hal yang terpenting dalam hidup manusia.

Dengan mempunyai langkah-langkah itulah kita dapat memperlakukan pandangan hidup sebagai sarana mencapai tujuan dan cita-cita dengan baik. adapun langkah-langkah itu sebagai berikut :
1.     Mengenal : merupakan suatu kodrat manusia yaitu merupakan tahap pertama dari setiap aktivitas hidupnya yang dalam jalan ini mengenal apa itu pandangan hidup.
2.     Mengerti : tahap kedua untuk berpandangan hidup yang baik adalah mengerti. mengerti disini dimaksudkan mengerti terhadap pandangan hidup itu sendiri.
3.     Menghayati : dengan menghayati pandangan hidup kita memperoleh gambaran yang tepat dan benar mengenai kebenaran pandangan hidup itu sendiri.
4.     Meyakini : dengan meyakini berarti secara langsung ada penerimaan yang ikhlas terhadap pandangan hidup itu.
5.     Mengabdi : sesuatu hal yang penting dalam menghayati dan meyakini sesuatu yang telah dibenarkan dan diterima baik oleh dirinya lebih-lebih oleh orang lain.

6.     Mengamankan : langkah yang terakhir ini merupakan langkah terberat dan benar-benar membutuhkan iman yang teguh dan kebenaran dalam menanggulangi segala sesuatu demi tegaknya pandangan hidup itu.

0 komentar: