™™

Thursday, November 1, 2012

0 MANUSIA DAN KEINDAHAN



Manusia adalah makhluk yang amat sempurna yang diciptakan oleh Tuhan, oleh karena itu manusia sangat memperhatikan keadaan dirinya sendiri, baik memperhatikan tubuhnya, pakaiannya, dan sebagainya. Mengapa demikian, karena manusia memiliki respect akan keindahan.
            Manusia dan keindahan sering dikait-kaitkan oleh banyak orang karena menurut ilmu seni filsafat, manusia memiliki arti makhluk pemuja keindahan. Oleh panca indera manusia itu sendiri manusia dapat melihat keindahan, menikmatinya, dan manusia tidak akan mau berpisah dengan keindahan itu sendiri dalam waktu yang singkat.
            Di zaman modern ini, orang-orang sulit sekali mencari keindahan, karena mereka sudah sibuk dengan pekerjaannya masing-masing, apalagi dengan penebangan hutan yang semakin  marak, jantung kota semakin tidak terlihat, pembangunan gedung-gedung yang tidak memenuhi syarat tata ruang kota yang baik. Untuk itu, manusia sangat senang sekali jika mereka berlibur dan tidak segan-segan untuk merogoh saku yang amat dalam untuk memenuhi hasrat melihat keindahan.
            Dari zaman dulu manusia selalu memperindah dirinya sendiri, memperindah rumah yang mereka tinggali, dan untuk raja-raja, mereka memperindah istananya masing-masing agar terlihat tampak megah. Apalagi di zaman yang terbilang sudah amat modern seperti sekarang ini, bukan hanya diri sendiri dan rumah sendiri, manusia memperindah segala yang mereka miliki, seperti kendaraan, pakaian, dan sebagainya agar semua yang melihat dapat terpesona, kagum, dan senang.
            Keindahan bukan hanya dari memperindah diri sendiri, memperindah rumah, dan yang disebut diatas, tetapi keindahan dapat diciptakan manusia dengan cara memainkan berbagai alat music yang menghasilkan bunyi yang harmonis, bernyanyi, melukis, manusia berbuat demikian bukan hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi untuk orang lain, agar mereka hidup berdampingan dan hidup rukun untuk hidup yang indah.



Sumber:

0 komentar: