™™

Thursday, November 1, 2012

0 MANUSIA dan PENDERITAAN



Penderitaan berasal dari kata derita. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, derita mempunya arti sesuatu yang menyusahkan yang ditanggung hati. Menurut saya penderitaan itu suatu keadaan yang sangat tidak mengenakkan dan yang harus ditanggung. Penderitaan tidak mungkin terjadi dengan sendirinya, tetapi penderitaan itu sendiri dirasakan karena perbuatan manusia itu sendiri.


Banyak yang temasuk kategori penderitaan, diantaranya kelaparan, sakit hati karena difitnah, kesedihan yang amat mendalam, putus asa, penyeselan karena sesuatu yang seharusnya kita kerjakan tidak kita kerjakan atau penyesalan akibat dari perbuatan yang dilakukan.


Setiap manusia tidak mengatakan bahwa penderitaanya dengan penderitaan orang lain itu sama, sehingga penderitaan itu bersifat universal, dapat menimpa siapapun tanpa memandang laki-laki atau perempuan, tua atau muda, kaya atau miskin. Penderitaanpun dapat muncul seketika tanpa orang sadari.


            Dua akibat dari penderitaan, diantaranya:

1.      1. Bunuh diri

Banyak orang dimuka bumi ini yang mati sia-sia akibat bunuh diri yang dikarenakan mereka tidak tahan lagi menjalani hidup. Mereka mengira dengan mengakhiri hidup, mereka akan tenang. Justru mereka salah, mereka akan lebih mendapatkan siksaan atau penderitaan yang tidak dapat ditolak, yaitu penderitaan di neraka.


2.      2. Stress 

Apakah kita pernah melihat “orang gila” di jalan-jalan? Itu adalah contoh orang yang stress berkepanjangan. Mereka selalu memikirkan penderitaan mereka, dan tidak dapat memecahkan masalah mengapa penderitaan itu tidak berakhir.


Jadi, penderitaan adalah realita kehidupan semua manusia di bumi yang tidak dapat ditolak kedatangannya. Ada waktunya orang itu merasa bahagia dan juga ada waktunya orang itu merasakan penderitaan, baik penderitaan yang ringan maupun penderitaan yang berat sekalipun.



Setiap orang yang sedang mengalami penderitaan sebenarnya orang itu tidak harus berputus asa. Karena penderitaan itu adalah sebuah proses dari Tuhan agar setiap umat-Nya berpengharapan hanya kepada Dia saja dan penderitaan dapat dijadikan sebuah alat untuk bankit dari keterpurukan untuk mendapatkan kebahagian yang didapat di masa lampau ataupun di masa yang akan dating.




Sumber:

0 komentar: